Kitab Kejadian (GENESIS)

Posted on August 30, 2008

0


Ditulis oleh Musa, saat Musa mendapat pewahyuan di padang gurun Sinai, terjadi sebelum kehidupan Musa. Musa mendengar tradisi lisan dari orang tuanya dan di bawah pengilhaman Roh Kudus. Ditulis antara 1450 dan 1400 SM. tree

Pasal 1-11 mencatat sejarah awal manusia mulai dari penciptaan sampai menara Babel. Pasal 12-50 mencakup sekitar 300tahun, pada kehidupan 4  orang yaitu : Abraham, Ishak, Yakub dan Yusuf. Rentang waktu kitab Kejadian lebih panjang dari waktu gabungan 65 kitab lain dalam Alkitab.

Kata Kejadian berarti ‘awal’ atau ‘asal mula’. Bereshith, kata pertama dalam teks Ibrani, berarti ‘pada mulanya’

Kejadian merupakan kitab pertama dari 5 kitab Musa yang disebut Pentateukh. Sebelas pasal pertaa dalam kitab kejadian menceritakan sejarah umat manusia yang tinggal di daratan mulai dari Eden ke Ur, dan 39 pasal selanjutnya mengisahkan sejarah umat manusia dari Kanaan ke Mesir. Kitab ini dasar bagi semua pewahyuan berikutnya tentang Allah dan rencana Nya bagi manusia

Kejadian ditulis bagi kepentingan bangsa Israel, tetapi pesan yang terkandung di dalamnya tidak terbatas oleh waktu…seiring dengan janji Allah yang diberikan kepada para kepala keluarga dan landasan yang diterapkan bagi pewahyuan kasih Allah dan penebusan umat manusia melalui Yesus Kristus.

Kejadian memelihara satu-satunya catatan yang dapat dipercaya mengenai awal alam semesta, umat manusia, perkawinan, dosa, kota-kota, bahasa-bahasa, bangsa-bangsa, Israel dan sejarah penebusan. Kejadian ditulis sesuai dengan tujuan Allah untuk memberikan umat perjanjianNya sutau pemahaman mendasar tentang diriNya, ciptaan, umat manusia, kejatuhan, kematian, penghakiman, dan janji penebusan melalui keturunan Abraham.

Garis besar kitab Kejadian: Kisah penciptaan (1:1 – 2:25), Permulaan dosa dan kematian (3:1 – 6:8), Kisah Nuh (6:9 – 10:32), Menara Babel (11:1 – 11:9), Kehidupan Abraham (11:10 – 25:18), Kehidupan Ishak (25:19 – 26:35), Kehidupan Yakub (27:1 – 36:43), Kehidupan Yusuf (37:1 – 50:26)

Pasal 1-11 memberi suatu pandangan luas mengenai permulaan manusia dari Adam hingga Abraham dan berpusat pada lima peristiwa yang sangat penting, yaitu :

1. Penciptaan: Allah menciptakan segala sesuatu, termasuk Adam dan Hawa yang ditempatkanNya di taman Eden.(Pasal 1-2)

2. Kejatuhan: melalui pelanggaran mereka, Adam dan Hawa memasukan kutukan dosa dan kematian ke dalam sejarah manusia (Pasal 3)

3. Kain dan Habel: Tragedi yang menggegerkan dua arus utama dalam sejarah: peradaban humanistik dan kaum sisa tertebus (Pasal 4-5)

4. Air Bah: Dunia purbakala telah demikian jahat pada waktu angkatan Nuh, sehingga Allah memusnahkannya dengan banjir yang dahsyat, hanya menyelamatkan Nuh yang benar dan keluarganya sebagai sisa manusia di bumi (Pasal 6-10)

5. Menara Babel: ketika dunia pasca-air bah bersatu dalam penyembahan berhala dan pemberontakan, Allah membubarkan persatuan mereka dengan mengacaukan bahasa dan kebudayaan serta dengan menyebarkan umat manusia ke seluruh penjuru dunia (Pasal 11)

Kejadian menyatakan nubuat penebusan dan seorang penebus yang akan datang melalui benih wanita (3:15); melalui keturunan Set (4:25-26), melalui keturunan Sem (9:26-27), dan melalui keturunan Abraham (12:3).

Tagged:
Posted in: bible